CARA MEMANASKAN MESIN KENDARAAN

CARA MEMANASKAN MESIN KENDARAAN

Meskipun mobil dirawat, jika tidak dijalanan dan diperlakukan dengan baik, kendaraan akan mengalami gangguan atau kerusakan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Sebelum menjalanakn kendaraan, sebaikya kenali dulu dengan baik sifat-sifat kendaraan sehingga anda tidak memperlakukan dengan semena-mena

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

Memanaskan mesin

Sesudah dihidupkan, biarkan mesin bekerja tanpa beban untuk sementara waktu sebelum kendaraan dijalankan. Pemanasan sangat perlu buat mesin selama proses pemanasan, minyak pelumas dialurkan ke semua bagian yang memerlukan, dapat dilumasi dengan baik. Jika mesin dibebani secara tiba-tiba sebelum panas, mesin harus bekerja pada saat pelumas belum melumasi semua bagian dari mesin. Dalam keadaan seperti ini permukaan bagian-bagian yang bergesekan akan mengalami keausan. Akibatnya mesin cepat rusak.

Ketika mesin dipanaskan secara perlahan jarum petunjuk temperature akan begerak. Hal tersebtu menyatakan bahwa mesin sudah cukup panas hingga boleh dipergunakan dan kendaraan dapat dijalankan. Perlu diperhatikan bahwa proses pemanasan berlaku bagi system, transmisi, dan bagian bergerak lainnya. Oleh karena itu terlebih dahulu jalankan kendaraan perlahan-;ahan untuk beberapa saat lamanya dan jangan mempercepat kendaraan dengan tiba-tiba.

Jangan bebani mesin secara kasar

Kadang-kadang mesin berdenotasi pada waktu kendaraan mendaki bukit. Jika anda membiarkan kendaraan terlalu lama bekerja dalam keadaan tersebut, selain daya mesinnya berkurang, mesin akan jadi cepat panas. Disamping pemakaian bahan bakarnya bertambah besar, mesin yang kepansan akan lebih cepat rusak. Jika mesin berdetonasi, segera pendahkan persneling pada posisi satu tingkat lebih rendah. Dengan demikian detonasi dapat diatasi.

Setiap mesin mempunyai batas kecepatan putar poros yang maksimum. Jika mesin dijalankan pada ptaran melebihi batas, maka gaya-gaya yangbekerja pada bagian mesin akan melebihi batas kemampuan cenderung mengalami kerusakan.

Kecepatan mesin melebihi batas maksimum dapt terjadi pada waktu mesin bekerja tanpa beban atau pada saat pemindahan persneling ke posisi persneling yang lebih rendah yang dilakukan pada waktu kendaraan masih bergerak dengan kecepatan tinggi.

Hindari tindakan mendadak

Jangan sering melakukan akselerasi, pengereman, dan pembelokan dengan tiba-tiba. Jangan lakukan tindakan mendadak, kecuali keadaan darurat. Tindakan mendadak akan mengalami laju keausan yang terlalu cepat pada ban dan bagian lainnya serta dapat mengendorkan sambungan-sambungan. Disamping itu tindakan pendadakam tidaklah dikehendaki apabial ditinaju dari segi keselamatan dan ketertiban lalu lintas. Jangan bertindak sperti pembalap di jalan raya,

Pengereman kompresi mesin

Janga terlalu sering mempergunakan rem diatas lahan yang menurut atau pada kecepatn tinggi. Karena besar kemungkinan akan terjadi penyumabatab uap di dalam saluran minyak rem serta kerusakan bidang rem. Dengan demikian, pada saat rem tidak dapat bekerja kecelakaan dapat terjadi. Sehingga apabila anda menjalankan kendaran dijalanmenurun, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan rem, tetapi pindahkan persneling ke tingkat lebih rendah dan pergunakan daya pengereman  dari kompresi mesin. Cara tersebut adalah cara yang paling efektif demi kebaikan kendaraan dan keselamatan lalu lintas.

Dalam menjalankan kendaraan, sebaiknya pergunakan persneling sesuai keceatan dan memnfaatkan daya pengereman kompresi mesin.

Menginjak kopling

Biasakan tidak menaruh kaki di atas pedal kopling, kecuali apabila anda baru saja mulai menjalankan kendaraan, berhenti, atau pada waktu hendak memindahkan persneling. Dengan kebiasaan tersebtu, kopling tidak akan cepat rusak dan kebiasaan tersebut sebaiknya dipaerhatikan terutama bila ditinjau dari segi keamanan.

Jangan menginjak-injak pedal kopling karena keadaan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kopling slip.jika anda mempunyai kebiasaan menaruh kaki di atas pedal kopling pada waktu menjalankan kendaraan maka pelat kopling dan bantalan tekanannya akan cepat rusak.

Tag:, , , ,

About plethukpunyadhani

Aku adalah orang Jawa Asli n muslim

2 responses to “CARA MEMANASKAN MESIN KENDARAAN”

  1. H. Alfish says :

    Artikel yg sangat bagus sekali…makasih atas tipsnya.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: