MERAWAT MOBIL TURBO

MERAWAT MOBIL TURBO

Beberapa mobil saat ini dilengkapi turbocharger. Seperti Isuzu Panther, Toyota Fortuner, Kijang Innova Diesel atau mobil keluaran lama seperti Fiat Uno Turbo. Tentu oerforma mesinnya jauh di atas mesin-mesin N/A (natural aspirated).

Bagaimana dengan perawatannya? Untuk service memang sama saja dengan mobil non-turbo. Padahal kebanyakan mobil Forced Induction (FI) ini dirawat seperti mobil-mobil non-turbo.

Seharusnya tidak boleh begitu. Masalahnya mesin jenis FI mendapat paksaan di system pemasukannya, jadi harus ada perawatan yang berbeda dengan mobil N/A. belum lagi as turbonya rentan rusak jika perlakuaanya salah.

Seharusnya mobil turbo diberi pelumas yang khusus buat mobil turbo. Cirri oli untuk mesin turbo selalu diberi embel-embel turbo pada kemasannya. Yang biasanya oli ini mampu menahan suhu tinggi dari turbo.

Kenapa mobil tubo harus menggunakan oli spesifikasi khusus. Karena oli mesin mobil juga digunakan sebagai pelumas turbo. Jadi dari engine pelumas bersirkulasi masuk ke turbo untuk melumasi as impeller dan keluar lagi menuju mesin.

Padahal suhu turbin wheel sangat tinggi. Tanpa pelumas khusus turbo cepat terjadi penguapan dan merusak kualitas oli

Selain dari sisi pelumas, mobil berturbo umumnya dilengkapi dengan turbo timer, jadi ketika kontak pada posisi off mesin terus hidup sampai beberapa detik. Sesuai dengan settingan turbo timer umumnya diatas 20 detik.

Hal ini digunakan sebagai jeda waktu agar suhu pelumas saat mesin ketika dimatikan tidak terlalu tinggi. Supaya suhu oli turun dulu. Untuk mengawetkan turbo. Bagaimana jika mobil tidak dilengkapi turbo timer? Usahakan sesaat sebelum mobil dimatikan alangkah baiknya mesin dalam keadaan stasioner 15-20 detik baru kemudian mesin dimatikan. Hal tersebut sama dengan turbo timer tadi, Cuma sistemnya tidak otomatis melainkan manual.

Mudah kn merawat mobil turbo?=)

Ditulis ulang dari majalah Oto Plus 10/VII

Tag:, , ,

About plethukpunyadhani

Aku adalah orang Jawa Asli n muslim

6 responses to “MERAWAT MOBIL TURBO”

  1. dion says :

    lolololololololoo

  2. malangrc says :

    artikel yang bagus dan inspiratif

  3. bambangsaputra says :

    Gunakan oli sesuai spesifikasi yang dianjurkan ATPM, penggantian oli untuk FI engine juga lebih cepat daripada NA engine.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: